Saturday, August 1, 2015

Koperasi Teladan Tiga Delapan Tiga untuk Kesejahteraan Bersama

Foto: Thamrin Mahesarani
Komunitas memang banyak ragamnya. Dari mulai paguyuban sampai komunitas profesional. Namun apa pun bentuk komunitasnya, hal yang pasti dicita-citakannya adalah untuk menyejahterakan anggotanya. Oleh karena itu, komunitas yang serius dengan tujuan tersebut akan membentuk suatu unit usaha, yang diupayakan benar-benar agar bisa berjalan dengan baik dan memberi manfaat yang besar dan nyata kepada anggotanya, baik secara langsung maupun berupa peluang-peluang usaha atau kerjasama yang prospektif. Dan tidak sedikit komunitas yang sudah sukses mencapai target menyejahterakan anggotanya tersebut, namun sebaliknya, masih sangat banyak juga yang belum. Semuanya kembali kepada keseriusan komunitas itu sendiri dalam upaya untuk mencapai tujuannya, khususnya mereka yang dimandati untuk menjadi pengurus.

Cita-cita mulia untuk menyejahterakan anggota komunitasnya juga menjadi landasan ideal dari Ikatan Keluarga Alumni Tiga Delapan Tiga, atau Alumni Angkatan 1983 – SMAN 3 Setia Budi, Jakarta. Dan bukti nyata dari upaya untuk itu ialah dibentuknya sebuah perusahaan bernama PT. Tiga Delapan Tiga, yang menjadi badan usaha dari media online ini – tnol.co.id. Ya, TNOL memang media milik komunitas, yaitu komunitas Alumni Angkatan 1983 – SMAN 3 Setia Budi, Jakarta – atau yang biasa disingkat menjadi IKA 383. Karena sebagian besar sahamnya dimiliki oleh para Alumni 383.

Foto: Thamrin Mahesarani
Akan tetapi, karena media merupakan ranah bisnis yang tidak bisa diikuti oleh semua kalangan – khususnya yang tak memiliki keahlian jurnalistik, maka kemudian dicarilah bidang usaha yang bisa memberi manfaat langsung kepada semua orang – dengan berbagai macam keahlian. Dan bidang usaha tersebut, kemudian disepakati, berupa koperasi serba usaha. Karena azas gotong royong pada koperasi akan memungkinkan semua anggotanya untuk bisa aktif terlibat, dalam membangun serta mengembangkan koperasi tersebut – dengan menjalankan bidang usaha yang sesuai keahliannya.

Koperasi Teladan Tiga Delapan Tiga (Koptela 383)

Foto: Thamrin Mahesarani
Kesepakatan untuk mendirikan koperasi, yang tujuan utamanya untuk membuka jalan dalam meraih kesejahteraan bersama – seluruh warga IKA 383, segera ditindak-lanjuti dengan mengajukan akte pendirian koperasi, dengan nama Koptela 383 – Koperasi Teladan Tiga Delapan Tiga. Dan kini, koperasi yang mengusung tujuan untuk meraih kesejahteraan bersama itu, telah resmi berdiri. Seperti juga dalam pembentukan PT. Tiga Delapan Tiga, koperasi ini pun dibidani oleh puluhan orang Alumni 383 – yang statusnya kemudian ditetapkan sebagai pendirinya.

Untuk dapat meraih tujuan kesejahteraan bersama anggotanya, Koptela 383 memfokuskan aktivitas usahanya dalam 3 bidang utama, yaitu:

1. Pembiayaan (Simpan Pinjam), yang akan memberi dukungan kepada anggotanya yang bermaksud mengembangkan usahanya, melalui bantuan permodalan, dengan persyaratan dan ketentuan-ketentuan yang ringan serta mudah.

2. Perdagangan Umum (General Trading), yakni aktivitas perdagangan yang selain bertujuan untuk menghidupi koperasi ini, juga untuk memenuhi kebutuhan anggota akan berbagai komoditas – baik berupa kebutuhan sehari-hari maupun dalam bentuk kerjasama usaha, dan hingga properti.

3. Ekonomi Kreatif, untuk mendukung program pemerintah dalam pengembangan ekonomi kreatif, yaitu dengan memberi dukungan penuh pada usaha-usaha berbasis kreatif, baik dalam bidang tata busana, kerajinan, rumah produksi, kuliner, perjalanan wisata, event organizer, dan lain-lain.

Di atas segalanya, tujuan Koptela 383 yang paling utama ialah untuk menjadi penyokong utama dari rencana anggotanya untuk mengembangkan usahanya secara komprehensif.

Tujuan Bersama untuk Kesejahteraan Bersama

Foto: Thamrin Mahesarani
Sebagai koperasi yang mengusung visi kebersamaan dalam peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan usaha antar anggota, Koptela 383 membukakan pintu selebar-lebarnya untuk anggotanya – baik dari kalangan Alumni 383 maupun masyarakat umum – pada pengembangan selanjutnya, untuk bisa bekerjasama dalam semangat saling mendukung dan saling menguntungkan, baik dalam kerangka kerjasama di bidang pembiayaan, perdagangan, maupun pengembangan usaha ekonomi kreatif.

Oleh karena itu, maka Koptela 383 memfokuskan misinya pada upaya-upaya membangun diri sebagai koperasi yang profesional, maju dan mandiri, demi untuk mencapai peningkatan kesejahteraan bersama, yakni dengan membangun kemitraan usaha yang saling menguntungkan, serta membina dan mendampingi pemberdayaan usaha anggotanya dan juga masyarakat di lingkungannya.

Langkah-langkah dalam menjalin kerjasama untuk meraih kesejahteraan bersama telah mulai dilakukan, yaitu antara lain dengan menjalin kerjasama dengan TNOL – sebagai mitra media, dan juga dengan Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia (IKPNI) – dalam bentuk kemitraan usaha, yang penandatanganan MoU-nya dilaksanakan pada hari Jumat, 31 Juli 2015.

Foto: Thamrin Mahesarani
Tentunya langkah-langkah awal tersebut, nantinya akan diteruskan dengan langkah-langkah lanjut yang lebih besar, yang tujuan akhirnya ialah untuk membukakan peluang yang seluas-luasnya bagi Koptela 383 dan anggotanya, dalam meraih sukses di segala bidang usahanya. Oleh karena itu, peran aktif semua pihak, baik Alumni 383 maupun masyarakat umum, amat diharapkan, agar tujuan utama untuk mencapai kesejahteraan bersama bisa tercapai sebagaimana yang diharapkan.

Jadi, kalau ingin mencapai kesejahteraan bersama, mari segera bergabung dengan Koperasi Teladan Tiga Delapan Tiga (Koptela 383), dan bersama-sama membangun dan mengembangkan usaha yang prospektif dan produktif. Sebab, kita sendirilah yang akan menentukan keberhasilan dari usaha apa pun yang sedang kita upayakan. Dan dengan bersama-sama, perjuangan apa pun akan terasa lebih mudah dan ringan.

No comments:

Post a Comment